Minggu, 30 Mei 2010

Lautan api~ yang indah : BANDUNG :

Baru kali ini saya memosting tulisan tentang sebuah kota. Ya, setidaknya akan saya mulai sekarang. Berawal dari kota kembang, Bandung. Sejujurnya saya baru dua kali mengunjungi ibu kota jawa barat ini. Pertama, dulu sewaktu saya masih umur 2 tahun *jelas aja gak inget* dan beberapa hari yang lalu (Jum’at 21/05) dalam rangka ‘Tour De Java kelas 9’.

Bandung adalah kota dengan sejuta pesona. Alamnya yang indah, hawanya yang sejuk, hingga FO-nya yang lumayan apa coba?. Di postingan kali ini saya akan membahas kota Bandung berdasarkan pengalaman saya pada ‘Tour de Java’ yang telah saya lalui.

‘TOUR DE JAVA’
Lebay sih kalau dibilang ‘Tour de java’ secara nggak benar-benar keliling Pulau Jawa, hanya ke ibukotanya saja. Tapi lumayanlah, toh Bandung termasuk kota penting dan bersejarah di Jawa Barat, bagian dari Pulau Jawa loh.

Seriusnya, pesona dan daya tarik yang dimiliki oleh kota yang satu ini amat banyak. Tapi, saya hanya membahas beberapa daya tarik Bandung berdasarkan pengalaman saya sendiri. Lebih asli dan tepat bukan?

BOSCHA
Boscha, siapa sih yang nggak kenal Boscha? Tempat yang sangat terkenal untuk meneropong bintang dan pernah menjadi tempat syuting filmPetualangan Sherina’. Boscha ini pas banget kalau kita menginginkan kunjungan yang asyik tapi juga bermanfaat untuk menambah pengetahuan.

Di boscha, kita akan diajarkan cara menggunakan teropong besar yang lensa okulernya mencapai panjang 60 cm, menakjubkan bukan?. Perlu diketahui juga kalau teropong di boscha ini adalah teropong ke-3 terbesar di mmmh apa ya? Saya lupa, tapi sepertinya asia atau dunia.

Terus, kita juga bisa akan menambah pengetahuan tentang benda-benda luar angkasa, fenomena luar angkasa, dan kebesaran-kebesaran Allah lainnya yang ada di luar angkasa. Dari situ, kita akan merasakan betapa kecilnya kita sesungguhnya dan betapa kita harus menyadari bahwa kita tak ada apa-apanya dan tidak boleh sombong. Oh iya, kita juga diberi pengetahuan tentang dibuatnya boscha ini, yang diambil dari nama bapak donatur pendirian boscha yang mendonaturkan dari uang pribadinya sendiri wew.

TANGKUBAN PERAHU
Tahu cerita legenda Sangkuriang kan? Itu lho yang anak mau menekahi ibunya ( Dayang Sumbi ), yang kemudian sang ibu minta dibuatkan perahu, namun karena pernikahan dibatalkan, Sangkuriang menendang perahunya hingga terbalik dan menjadi Tangkuban Perahu.

Yang menarik dari Tangkuban Perahu ini adalah wanginya beuh alias wangi belerang yang sangaat menyengat dan bikin merem melek. Sayangnya, kita tidak bisa terlalu dekat dengan kawah. Kalau saya perkirakan jarak antara wisatawan dengan kawah sedekat-dekatnya tetap sejauh 8 meter-an. Tapi sepertinya kalau dilihat-lihat memang sepatutnya jarak antara wisatawan dsan kawah sangat berjauhan. Karena kawah-kawah terlihat masih mengeluarkan asap-asap panas.

Oh iya, ada tambahan nih. Kalau kamu-kamu memperhatikan kawahnya terus menerus. Nanti akan terlihat gambar pantulan dari pergerakkan awan. Jelas bangeet.

CIHAMPELAS
Berbeda dengan dua tempat di atas, yang satu ini bukanlah tempat kunjungan. Tapi tempat belanja. Cewek wajib baca. Awalnya sasaran belanja saya dan kelas ha kelas? Bukan ke Cihampelas. Tapi, setelah guru saya survey di Bandung ternyata Cihampelaslah tempat yang tepat untuk berbelanja. Seperti biasa, Barangnya bagus, Harga relatif murah!

Tadinya, bayangan saya Cihampelas adalah semacam sentra oleh-oleh gitu. Ternyata SALAH BESAR lebay. Rupa-rupanya Cihampelas adalah daerah dimana di sepanjang jalan raya daerah tersebut dipenuhi FO. Yah, meski nggak semuanya FO sih, ada juga tukang baju sablon bertuliskan ‘Bandung’ di pinggir jalan.

Kayaknya ngasih tips good idea deh;

TIPS BELANJA (utama di Cihampelas):
Usahakan waktu yang anda punya banyak.
(Pengalaman saya waktu sedikit; barang inceran jadi kagak bisa dibeli)
Kalau anda tertarik membeli kaus sablonan bertuliskan nama khas daerah tersebut, lakukanlah survey harga ke beberapa tempat dan bandingkan.
(Pengalaman saya saat saya sudah menawar habis-habisan, tapi Mangnya tetap tidak menurunkan harga, terpaksalah saya membeli dengan harga pas, padahal ketika saya survey lagi di tempat lain ada yang lebih murah :”( hikss)
Datangilah banyak tempat, sambil membandingkan harga.
Kalau kamu membeli produk yang jahitan, perhatikanlah dengan seksama kerapihan jahitannya, agar barang yang kamu beli tahan lama.
Kalau kamu beli makanan, jangan lupa perhatikan tanggal kadaluarsanya!
Simpanlah uangmu dalam tas, itu lebih baik daripada menaruhnya di kantong.


Kayaknya segitu aja deh tips dan tempat-tempat bagus di Bandung yang bisa kujabarkan. Selanjutnya, silahkan kamu coba! Selamat belibur dan mencoba tempat-tempat menarik lainnya. Buat yang masih belum ada waktu, selamat mengkhayal! Setidaknya semoga tulisan saya bisa menjadi panduan berlibur Anda!

:) selesai 30Mei2010 jam 8:19
I made it by 4 days ago-fafa- 100persen asli :)

Tidak ada komentar: